Selasa, 25 Agustus 2015



Saudaraku yang berbahagia,pada zaman sekarang perangkat elektronik seperti komputer ataupun laptop bukan barang langka lagi. Karena sekarang komputer ataupun laptop sudah menjadi kebutuhan masyarakat kita terlebih lagi bagi pekerja kantor dan pelajara. Namun sering kita lihat dan mungkin diri kita sendiri yang mengalami suatu kerusakan yang tidak kita inginkan. Khusunya kerusakan yang terjadi pada keyboard komputer ataupun laptop. Misalnya tombol keyboard yang tidak berfungsi,dan yang fungsi tombolnya berpindah-pindah,contohnya bila kita menekan tombol “K” bisa jadi yang muncul huruf lain ataupun angka lain. Padahal keyboard tersendiri merupakan bagian terpenting dari pengkat komputer ataupun laptop.


Lalu bagaimana langkah-langkah yang harus kita lakukan saat menemui masalah seperti diatas...? untuk itu pada kesempatan kali ini kami akan mengulas bagaimana cara mengatasi masalah tersebut dengan tepat dan efisien yang kebanyakan telah berhasil.

  •          Kesalahan tombol fungsi tombol

Untuk masalah ini,kita bisa melakukan hal seperti berikut,coba kita cari tombol “FN” kemudian cari tombol “Numlk” atau biasanya tekan tombol "F11" pada keyboard anda. Bila sudah ketemu dengan dua tombol tersebut,tekan keduanya dengan bersamaan secara terus menerus,dan lepaskan pula dengan bersamaan. Jika fungsi numerik telah mati,silahkan anda cek  kembali fungsi tombol keyboard anda,bila belum berhasil lakukanlah secara terus menerus.

  •      Tombol keyboard tidak berfungsi

Untuk masalh ini kita bisa melakukan beberapa hal,sebelum memperbaiki terlebih dahulu kita mengkoreksi mana saja tombol yang tidak berfungsi.setelah itu matikan komputer ataupun laptop anda. Kemudian coba lepas tombol keyboard yang tidak berfungsi tadi,dan beri angin-angin dengan hair dryer atau bersihkan bagian dari tombol pada keyboard tersebut,kemungkinan akan banyak debu yang mengendap di sela-sela keyboard. Setelah dirasa sudah bersih,pasang kembali tombol keyboard pada tempatnya dengan benar,lalu nyalakan komputer ataupun laptop anda.dan cek hasilnya. Bila belum berhasil,kita bisa menggunakan cairan alkohol. Kita siapkan kapas dan alkohol,kemudian matikan kembali komputer ataupun laptop,selanjutnya lepas kembali tombol yang tidak berfungsi,lalu lumuri kapas dengan alkohol untuk membersihkan bagian dalam keyboard,pastikan bagian keyboard benar-benar bersih dan kering,supaya tidak terjadi konslet. Setelah semua selesai periksa kembali keyboard anda,kalau masih belum bisa restart komputer atau laptop anda. Jika tombol keyboard masih juga tidak berfungsi,anda bisa menggunakan aplikasi yang telah disediakan oleh microsoft yaitu On Screen Keyboard. Dengan cara :
Start > All Program > Accesories > Ease Of Access > On Screen Keyboard.
  •      Solusi terbaik
Jika saudara semua ragu-ragu dalam memperbaiki keyboard anda yang rusak,lebih baik anda membawanya ke toko servis yang ada disekitar anda dan juga anda percayai kualitasnya. Dengan solusi ini anda lebih aman dan tidak gelisah dalam memperbaiki keyboard anda.

semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuabila ada kesalahan mohon maaf yang sebesar-besarnya

0 komentar:

Popular Posts

Download

Recent Posts