Rabu, 12 Agustus 2015

Cara mudah untuk merawat komputer dan laptop
Barang elektronik seperti komputer dan laptop memang relatif mudah rusak terutama disebabkan karena panas. Padahal harga komputer atau laptop sendiri yang baru masih mahal,tetapi bila 4-7 bulan kemudian harganya bisa jadi turun drastis,apalagi bila komponen  ada yang rusak. Oleh karena itu kita harus merawat komputer dan laptop yang kita miliki agar tetap terawat dan tak mudah rusak.
Untuk urusan menjaga komputer dan laptop saya mempunyai beberapa cara yang cukup sederhana dan mudah untuk dipratekkan supaya komputer dan laptop anda tahan lama dan tidak cepat rusak :

Jaga kebersihan komputer dan laptop anda
Bersihkan secara rutin komputer dan laptop anda dengan menggunakan kain lap yang bersih. Bila anda tidak terbiasa menggunakan cairan khusus,saya menghimbau sebaiknya anda tidak usah menggunakan cairan tersebut. Dan gunakan kain yang lembut tetapi  tidak meninggalkan serpihan “kain” supaya tidak menggores screen (layar) dari monitor atau LCD anda.

Jauhkan dari makanan dan minuman
Sebaiknya saat anda minum atau makan jangan didekat komputer atau laptop anda,karena ditakutkan sewaktu-waktu makanan atau minuman yang ada didekat komputer atau laptop anda  jatuh mengenai perangkat elektronik tersebut.

Lepaskan komponen tambahan yang sudah tak terpakai
Bila anda telah selesai menggunakan USB,flashdisk,CD/DVD,atau perangkat lainnya sebaiknya anda segera melepaskan perangkat tersebut dari komputer atau laptop anda. Selain “lifetime” perangkat tersebut dapat bertahan lebih lama,kinerja dan performance komputer dapat dipertahankan.

Berikan ruang untuk melepaskan panas dari komputer dan laptop
Sediakan ruang yang cukup agar panas yang ada di komputer atau laptop anda supaya dapat melepaskan panas secara sempurna. Komponen elektronoik pada umumnya tidak dapat bekerja secara optimal bila dalam keadaan terlalu panas,apalagi bila rusak. Bila anda meggunakan laptop,terlebih dahulu anda harus melepaskan  tas atau pembungkus laptop. Selain itu jangan sampai anda menaruh laptop anda diatas kasur saat anda sedang menggunakan laptop. Dengan anda menggunakan laptop diatas kasur,dipastikan sebagian panas tidak dapat dibuang,sehingga laptop anda anda akan semakin panas. Sebaiknya anda menaruh laptop anda diatas meja kalau bisa gunakan juga cooling pad.

Jangan sembarangan mematikan komputer atau laptop
Jangan karena anda ingin komputer atau laptop anda cepat mati,lalu anda menggunakan tombol power untuk mematikan arus listrik.memang cara tersebut efektif.tetapi harddisk anda lama-lama akan cepat rusak dengan munculnya “bad sector”. Kenapa...? ketika  anda mematikan arus listrik,mungkin head sedang berada ditengah-tengah piringan harddisk,dan ketika listrik mati jarum dari head mungkin saja menyentuh piringan harddisk yang sedang berputar. Bila tergores cukup parah,maka akan muncul bad sector pada harddisk anda.

Gunakan UPS atau sebagainya
Bila anda menggunakan komputer atau laptop yang tidak menggunakan bateray(langsung menggunakan arus listrik),sebaiknya anda menggunakan UPS. Dengan menggunakan UPS,ketika terjadi listrik padam,anda dapat meneruskan dan  menyimpan pekerjaan anda terlebih dahulu. Setelah itu segeralah mematikan perangkat elektronik anda. Dengan demikian anda mengurangi kemungkinan tergoresnya harddisk.

jadi saat kita mempunyai perangkat elektronik,maka kita harus selalu merawatnya jangan sampai kita salah menggunakannya,karena dapat merugikan diri kita sendiri

0 komentar:

Popular Posts

Download

Recent Posts