Sabtu, 12 September 2015


Sirsak yang mempunyai nama latin Anona muricata Linnmerupakan kerabat dari buah srikaya (Anona squamosa Linn). Tanaman yang saat ini sangat populer dikalangan masyarakat memiliki manfaat didaun dan buahnya ternyata berasal dari Amerika (sekitar Peru,Meksiko,dan Argentina). Sedangkan di Indonesia nama buah sirsak sendiri diambil dari bahasa belanda yaitu “ZuurZaak” yang mempunyai arti kantong yang rasanya asam
Buah sirsak popuer dikarenakan memiliki beberapa kandungan nutrisi dan manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Buah sirsak sendiri terdiri dari 67,5 % daging buah,20 % kulit buah,8,5 % biji buah,dan 4 % inti buah.
Setelah kandungan air,kandungan gizi yang terbanyak dari buah sirsak ialah karbohidrat. Salah satu jenis karbohidrat  yang dimiliki pada buah sirsak adalah gula pereduksi (glukosa dan fruktosa) dengan kadar 81,9 % - 93,6 % dari kandungan gula total.
Buah sirsak juga mempunyai vitamin,vitamin yang paling dominan  adalah vitamin C,dengan kadar sekitar 20 mg per 100 gram daging buah. Untuk kebutuhan vitamin C,setiap orang rata-rata membutuhkan 60 mg per hari,dengan demikian kita cukup memakan daging buah sirsak rata-rata 300 gram untuk memenuhi kebutuhan vitamin C pada tubuh kita.
Untuk kandungan mineral pada buah sirsak yang cukup domian ialah fosfor dan kalsium,masing-masing mempunyai kadar 27 mg dan 14 mg per 100 gram. Kedua mineral tersebut  penting dalam pembentukan massa tulang sehingga berguna untuk membentuk tulang yang kuat serta menghambat osteoporosis. Keunggulan buah sirsak terdapat pada kadar sodium (natrium) yang rendah (14 mg per 100 gram),tetapi tinggi potasium (kalium),yaitu 278 mg per 100 gram. Perbandingan kalium  dan natrium yang tinggi sangat menguntungkan  dalam rangka pencegahan penyakit hipertensi.

Selain komponen gizi,buah sirsak juga sangat kaya akan komponen non gizi. Salah satu diantaranya adalah buah sirsak mengandung banyak serat pangan (dietary fiber),yaitu mencapai 3,3 gram per 100 gram daging buah.
Sedangkan manfaat buah sirsak bagi kesehatan tubuh kita,bisa didapat dari daun,buah,biji,dan batang buah sirsak. Dan berikut beberapa manfaat buah sirsak bagi kesehatan tubuh kita.
1.     1.   Mencegah penyakit Kanker
Annonaceous acetogenins adalah fitokimia yang terdapat dalam daun,biji dan batang sirsak. Zat ini berperan dalam menangkal serangan kanker dan virus. Penelitian  mengukapkan bahwa kandungan Annonaceous acetogeninspada sirsak dapat membunuh sel-sel ganas pada 12 jenis kanker,seperti kanker payudara,usus besar,paru-paru,prostat,dan masih banyak lagi.

2.       2. Melancarkan buang air kecil
Buah sirsak dapat anda buat menjadi jus untuk dijadikan obat bagi anda yang merasakan sakit saat buang air keci. Selain itu buah sirsak juga dapat dijadikan obat untuk mengatasi haematuriayaitu bercampurnya sel darah putih dengan urin,serta penyakit hati ringan.

3.       3. Menjaga kesehatan tulang
Selain mengandung fosfor dan kalsium,buah sirsak juga diperkaya dengan mineral lain yakni tembaga, yang membantu penyerapan kalsium  ke dalam tulang  sehingga tulang anda tetap tercukupi kebutuhan nutrisinya. Jadi tulang kita menjadi sehat selalu dan mengurangi gejala osteoporosis

4.      4.  Meredakan migran
Buah sirsak mengandung riboflavin atau vitamin B2 yang dikenal efektif meredakan sakit kepala seperti migran. Jangan sampai kita sedikit-sedikit meminum obat kimia,kalua yang alami saja ada.

5.       5. Mencegah Anemia
Kandungan zat besi yang terdapat pada buah sirsak,juga dipercaya efektif dalam meredakan gejala anemia yang bisa meneyang diri kita kapan saja dan dimana saja kita berada.

6.       6. Meningkatkan energi
Jika anda sudah merasa tidak bergairah dalam beraktifitas,cobalah mengkonsumsi  buah sirsak. Selain aromanya yang segar bisa membuat mood anda kembali bergairah, buah sirsak juga mengandung thiamin (vitamin B1) yang berguna untuk membantu meningkatkan enrgi anda

7.       7. Manfaat biji buah sirsak
Hal ini sebenarnya sangat mengejutkan,ternyata tidak hanya daging buah sirsak saja yang bermanfaat,tapi biji buah sirsak juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan. Biji sirsak mengandung zat emesis yang berguna untuk mengurangi mual dan muntah.

Nah,itu tadi beberapa manfaat dari buah sirsak untuk kesehatan yang mungkin belum kita ketahui. Semoga bermanfaat dan jagalah kesehatan anda serta orang – orang tercinta anda. Karena mencegah lebih baik dan lebih murah daripada mengobati J

0 komentar:

Popular Posts

Download

Recent Posts